wa

Pulau Sempu Malang, Rasakan Sensasi Memiliki Pulau Pribadi

Pulau Sempu Malang, Rasakan Sensasi Memiliki Pulau Pribadi

Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu Malang merupakan cagar alam yang terletak di Malang Selatan. Wisata pulau Sempu sendiri adalah pulau yang tak berpenduduk dan sudah diresmikan sebagai cagar alam Indonesia yang harus dilestarikan sejak tahun 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Pulau ini memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikelilingi Samudera Indonesia di sisi Timur, Selatan maupun Barat.

Pulau ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia dan mulai beroperasi mulai tahun dimana tempat wisata ini disahkan. Dengan keindahan alam yang luar biasa pulau ini hampir setiap tahunnya dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Wisata Pulau Sempu Malang

Secara geografis, Pulau Sempu Malang terletak diantara 112° 40′ 45″ - 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ - 8° 24′ 54″ lintang selatan. Dengan iklim tropis tidak memungkinkan bahwa salah satu wisata pulau andalan di Malang ini kaya akan keindahan habitat darat maupun air. Tak jarang wisatawan datang ke salah satu tempat wisata Jawa Timur ini untuk sekedar merasakan bagaimana rasanya memiliki pulau pribadi. Biasanya para wisatawan datang kesini untuk berwisata camping atau bahkan juga untuk memancing. Pulau ini juga bisa anda gunakan sebagai tempat bulan madu | honeymoon yang romantis.

Pulau Sempu memiliki berbagai jenis ekosistem mulai dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah. Vegetasi yang ditemukan disini diantaranya adalah bendo (Artocarpus elasticus), triwulan (Terminalia), wadang (Pterocarpus javanicus), ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus), pandan (Pandanus tectorius), Mangrove (Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata), dan banyak lagi. Menariknya, nama Sempu dikatakan diambil dari nama salah satu jenis pohon yang ditemukan dipulau itu, namun pohon tersebut hampir sulit ditemukan saat ini.

Salah satu keindahan yang dicari wisatawan terhadap pulau kecil yang cantik ini adalah adalah dengan adanya Laguna Segara Anakan yang terletak sekitar 3 km kearah selatan dari pulau Sempu Malang. Pantai berpasir putih bertemu dengan birunya air yang tenang dan terpisah dari lautan lepas sebab dikelilingi batuan karang. Air di Laguna Segara Anakan ini tenang dan karenanya merupakan tempat yang sempurna untuk berenang. Dengan lokasinya yang terpencil dan jalur yang agak sulit diakses, Segara Anakan menyuguhkan suasana intim dan privat.

Akses menuju pulau Sempu Malang

Untuk dapat sampai ke pulau Sempu dengan alternatif yang terbaik adalah dengan menyewa mobil atau mengatur paket perjalanan tour. Perjalanan dari Surabaya ke Kota Malang akan memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam tergantung kondisi lalu lintas.

Dari pusat Kota Malang, masih dibutuhkan sekitar 2 hingga 3 jam lagi sebelum sampai di Pantai Sendang Biru, yaitu titik keberangkatan terdekat menuju Pulau. Dari Pantai Sendang Biru, Anda perlu menyewa perahu yang akan membawa ke Pulau Sempu. Lebih baik lagi apabila Anda menghubungi Pos Cagar Alam Pulau Sempu di Sendang Biru untuk mendapatkan panduan.

Ada dua alternatif jalur yang dapat Anda ambil dari Malang ke Sendang Biru. Pertama adalah mengambil jalur antar kota Malang - Bululawang - Turen - Sumbermanjing Wetan - Sendang Biru - Pulau Sempu. Kedua adalah Malang - Kepanjen - Gondanglegi - Turen - Sumbermanjing Wetan - Sendang Biru-Pulau Sempu. Kondisi jalan dari Malang ke Turen dalam kondisi relatif baik dengan banyak tanda-tanda penunjuk arah yang mengarah ke Sendang Biru. Dari Turen ke Sendang Biru jalanan relatif lebih sempit dan sedikit turun naik, beberapa jalan tidak dalam kondisi sempurna, terutama jalan yang mendekati daerah pantai.

Demikian postingan pulau Sempu Malang kami informasikan, semoga bisa menjadi referensi anda untuk datang berwisata ke Malang. Untuk harga dan pemesanan paket wisata bromo malang murah silakan menghubungi kontak kami.

Pulau Sempu Malang